Rabu, 27 November 2013

memulai bisnis tanpa modal ??

Ketika berbicara mengenai kewirausahaan untuk teman mahasiswa atau yang masih duduk di bangku sekolah, pertanyaan yang klasik dan hampir selalu terulang adalah, mungkinkah kita memulai bisnis tanpa modal uang sama sekali?
Modal uang memang memiliki peran penting dalam pengembangan bisnis, namun dulu sewaktu saya memulai bisnis membanguntraining vendor CerdasMulia ini pada 2010, saya benar-benar memulainya dari modal uang nol dan ternyata bisa bertahan dan masih tumbuh berkembang hingga saat ini.
Sehingga jawaban saya,sangat mungkin bagi mereka yang ingin memulai bisnis tanpa punya modal uang sama sekali. Banyak caranya saya jabarkan di buku terbaru saya,STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK. Beberapa cara di antaranya bisa kamu coba seperti berikut ini,
3 STRATEGI UTAMA YANG PERLU DIINGAT
Banyak sekali cara kreatif yang bisa kamu gunakan untuk memulai bisnis tanpa modal. Dari sekian banyak itu ada 3 strategi utama yang perlu dilakukan,
  1. Hindari yang namanya normal business starting. Normal business starting secara umum biasanya sebelum orang membangun bisnis mereka membangun kantor, merekrut orang, sewa toko, memasang iklan, dan lain sebagainya yang dikenal memilikiinitial cost yang besar. Nah, tahan dulu aktivitas ini hingga kamu bisa memperoleh keuntungan dalam bisnis. Ini dinamakan teknikbootsrapping. Coba tekankan pada riset pasar, membuat produk yang bagus, dan membuat penawaran yang menggiurkan. Jika sudah ada keuntungan dan penjualan bagus, baru investasikan kembali untuk hal di atas.
  2. Lakukan semuanya sendiri dulu untuk sementara. Jangan termakan godaan oleh pebisnis-pebisnis sukses, Bisnis adalah saat kita tinggal tetap jalan namun orangnya jalan-jalan. Atau Sebagai pebisnis kita tidak perlu tahu seluk beluk teknis karena kita punya karyawan. No, no, no. Inilah yang sering saya juluki dengan istilahstudentpreneur irrelevant theory dalam bisnis. Jika kamu tidak punya uang untuk memulai, maka tunda untuk merekrut tim. Saya baru membentuk tim ketikacashflow sudah sangat positif dan memang menguntungkan untuk membayar orang. Inilah mengapa yang namanyapassion menjadi penting dalam memulai karena kita melakukan semuanya sendirian dulu untuk awal dan sementara.
  3. Tetaplah menjadi kreatif. Beberapa di antaranya bisa kamu coba sebagai berikut,
MENGURANGI PENGELUARAN BISNIS
  • Tidak perlu menyewa kantor bagus untuk memulai. Mulailah dari kost an, kontrakan sederhana, atau bahkan rumah sendiri untuk memulai bisnis. Ini bisa sangat menghemat pengeluaran
  • Tunda untuk merekrut karyawan nanti saja kalau keuntungan sudah banyak
  • Tunda untuk merekrutexpert, lakukan dulu semua sendiri. Baru nanti jika sudah adaprofit,investasikan untuk orang-orang terbaik.
ONLINE KAN BISNISMU!
  • Buat website atau blog utama dari bisnis, awalnya mungkin gratisan namun setelah itu belilahdomain berbayar .com atau .net untuk meningkatkan profesionalitas. Murah, mulai dari Rp70.000 per tahun. Setidaknya bisnismu nampang di dunia maya
  • Manfaatkansocial media gratis, seperti Facebook page, Twitter, Google+ dan Instagram.Inviteteman sebanyak-banyaknya untuk meningkatkanlead namun jangan kebanyakannyampahjuga.
Pengalaman saya mengonline kan bisnis ternyata berdampak pada penjualan yang signifikan padahal modal yang saya keluarkan adalah nol. Baru kemudian saya investasikan kembali beberapa (puluh) juta rupiah untuk membuat web yang lebih profesional seperti blog ini danwebsite CerdasMulia.
BUAT JASA KONSULTASI
  • Saat ini kamu pasti memilikipassion, kompetensi, keterampilan, danexpertise di bidang tertentu. Mengapa tidak dijual sementara untuk membantu orang? Beberapa saat setelah saya membangun CerdasMulia dan membutuhkan uang, saya mengajar teknikpublic speaking dan menerima konsultasi pengembangan website. Bayarannya lumayan untuk menambah modal, padahal untuk melakukannya kita tidak perlu mengeluarkan uang.
  • Online kanexpertise mu. Kalau saya merekomendasikan kamu menggunakan LinkedIn. Saya menggunakan LinkedIn 2 tahun lalu yang ternyata masih sepi pengguna di Indonesia, namun sekarang sudah banyak sekali. Mantap!Tips menggunakan LinkedIn dapat kamu temukan di sini.
JUAL PRODUK-PRODUK INFORMASI
Saya beritahukan cara paling mudah untuk memulai bisnis tanpa harus keluar uang: yaitu menjual informasi yang tidak atau jarang diketahui umum. Contoh,
  • Membuatebook, audiobook, buku, tutorial di laptop atau komputer, dan lain sebagainya.
  • Ketika sudah jadi, kamu bisa menjualnya secaraonline. Secara modal uang yang kamu keluarkan nyaris nol sebenarnya. Namun jika produk kamu bagus, orang tidak segan akan membeli. Jangan terlaluoverpromising, sesuaikan dengan nilai tambah yang diberikan produk kamu.
MENGHADIRI EVENT NETWORKING
Banyakstudentpreneur yang menyerah duluan saat ingin memulai bisnis karena merasa tidak punya jaringan. Dengan fasilitassocial network seperti sekarang ini, menurut saya sudah tidak pas beralasan seperti itu.
  • Cari informasi-informasi tentang seminar ataucoaching bisnis. Gabung danjoin, perbanyak menyerap ilmu baru dan teruslah belajar
  • Join ke komunitas-komunitas pengusaha (saya sarankan pengusaha muda) seperti TDA Kampus, yang memfasilitasi anggotanya untuk terus belajar membangun dan mengembangkan bisnis.
Kenapanetworking penting? Karena siapa tahu nanti ada yang ingin membantu kamu untuk mengembangkan bisnis dan bersedia untuk menjadi investor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar