Jumat, 11 Oktober 2013

PERSAINGAN

persaingan mencakup semua penawaran dan produk subsitusi yang ditawarkan oleh pesaing , baik yang aktual maupun yang potensial , yang mungkin dipertimbangkan oleh seorang pembeli. misalkan suatu perusahaan otomotif berencana membeli baja untuk mobilnya. ada beberapa tingkat pesaing yang mungkin dihadapinya. perusahaan tersebut dapat membeli baja dari U.S Steel di Amerika Serikat , atau membeli dari perusahaan asing di Jepang atau Korea. perusahaan tersebut juga dapat membeli dari perusahaan peleburan kecil seperti Nucor untuk menghemat biaya , atau membeli alumunium dari Alcoa untuk bagian - bagian tertentu mobil guna mengurangi berat mobil.perusahaan tersebut juga dapat membeli plastik rekayasa untuk bemper dari Saudi Basic Industries Corporation (SABIC), pembeli GE Plastics , alih - alih menggunakan baja.
U.S Steel jelas berfikir terlalu sempit tentang persaingan yang dihadapinya jika perusahaan tersebut hanya mengganggap perusahaan baja sejenis sebagai pesaingnya. bahkan , dalam jangka panjang , U.S Steel mungkin lebih terancam oleh produk subsitusi dibanding oleh perusahaan baja lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar