Rabu, 16 Oktober 2013

3 Strategi Inovatif Promosi Wirausaha Melalui Media Sosial


 Internet dan media sosial telah menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari manusia modern, termasuk dalam membantu membangun semangat wirausaha.
Berbagai manfaat seperti murahnya biaya promosi, luasnya prospek area pemasaran, hingga pembentukan loyalitas konsumen membuat media sosial begitu menarik banyak minat wirausahawan dengan berbagai tawaran produk dan jasanya.
Berikut adalah tiga inspirasi sukses wirausaha yang menggunakan internet dan media sosial sebagai salah satu penunjang keberhasilan dalam membentuk brand awereness produk serta jasa yang mereka tawarkan.

Strategi 1: Mendorong para pengguna jejaring sosial untuk tes produk di rumah sebelum membeli
Warby Parker adalah sebuah toko online berbasis di kota New York yang menjual berbagai jenis bingkai kacamata antik. Mereka memanfaatkan promosi melalui berbagai komunitas pencinta gaya antik di jejaring sosial dengan menawarkan mereka untuk mencoba berbagai bingkai kacamata sebelum benar-benar membelinya.
Pihak Warby Parker kemudian mengirimkan lima contoh bingkai kacamata kepada yang berminat untuk dicoba selama lima hari dengan mengajak mereka berbagi foto saat memakai kacamat tersebut di jejaring sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Setelah ditemukan bingkai kaca mata yang sesuai dengan proporsi wajah, maka selanjutnya konsumen pun dapat langsung melakukan pembayaran tanpa harus keluar dari rumah.
Strategi 2: Membentuk komunitas tersendiri
BBQ Backyard adalah salah satu komunitas pecinta barbeque terbesar di dunia yang didirikan oleh Pork Barrel BBQ, sebuah jaringan resto, perusahaan katering, dan produsen saus barbeque yang berbasis di kota Alexandria, Virginia, AS.
Jika kebanyakan komunitas pecinta barbeque cenderung fokus kepada para penikmatnya, BBQ Backyard justru mendorong para pecinta barbeque untuk berani menunjukkan keahlian memanggang daging. Dalam komunitas ini, para anggota dapat saling bertukar tips, resep, dan berbagai info tentang barbeque.
Secara berkala, komunitas ini menghadirkan berbagai master barbeque dunia guna meningkatkan kualitas para user dalam memanggang daging. Lalu apa jualan BBQ Backyard? Pasokan daging, bumbu, serta saus dengan kualitas terjamin yang siap jual dan diantarkan ke berbagai user di seluruh dunia, bahkan juga tersedia dalam versi halal walaupun masih sedikit kuotanya.
Ide yang dapat diambil adalah dengan kepuasan anggota dalam berinteraksi di komunitas yang secara tidak langsung dapat diarahkan untuk mengonsumsi berbagai produk yang ditawarkan oleh Pork Barrel BBQ.
Strategi 3: Membangun aplikasi informatif dan berkelas tinggi
The Mermaid Inn, sebuah perusahaan kuliner yang mengoperasikan tiga restoran seafood besar di kota New York, AS, belum lama ini meluncurkan aplikasi khusus bagi pengguna iPhone dengan nama Oysterpedia.
Di sini disajikan lebih dari 200 jenis oyster atau tiram dengan deretan informasi yang lengkap mulai dari kandungan gizi, tekstur daging, rasa, serta varian menu yang dapat diolah. Mengapa tiram yang diandalkan? Karena tiram merupakan menu yang prestisius di ketiga restoran seafood milik The Mermaid Inn, dan dengan adanya Oysterpedia maka konsumen mendapatkan gambaran jelas mengenai menu yang hendak dibelinya.
Mereka pun dapat berbagi kesan, foto, dan video di berbagai jaringan sosial sehingga terjadi promosi viral yang mampu meningkatkan jumlah kunjungan konsumen ke ketiga restoran The Mermaid Inn tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar