Rabu, 23 Oktober 2013

Global Student Enterpreneurship Award 2013

      Para pengusaha muda Indonesia yang tergabung dalam Entrepreneurs' Organization Indonesia membuka kesempatan bagi para mahasiswa dan mahasiswi Indonesia untuk mengikuti ajang bergengsi kompetisi kewirausahaan antar mahasiswa tingkat dunia, yaitu Global Student Entrepeneur Award (GSEA) 2013. Ajang ini berhadiah terbang ke Washington DC, untuk berlaga di Global Final GSEA 2013 dan meraih hadiah total US$100.000 plus mentoring dari pengusaha terkemuka dunia.
"GSEA diselenggarakan dengan misi menginspirasi generasi muda untuk memulai dan menumbuhkan usaha mereka, sehingga bukan hanya menjadi generasi pencari kerja namun mampu menjadi generasi pencipta lapangan pekerjaan," kata Direktur Entrepreneurs' Organization Wilayah Asia, Rachmat Harsono, dalam keterangan tertulisnya Jakarta, Selasa (2/7).
Disebutkan, GSEA 2013 adalah ajang pencarian, pemilihan dan penghargaan kewirausahaan tingkat internasional bagi para mahasiswa-mahasiswi yang mengelola usaha sambil menekuni pendidikan mereka di perguruan tinggi. Ini adalah keikutsertaan pertama Indonesia di ajang bergengsi tingkat dunia yang dirintis sejak tahun 1998 itu.
      Tahun lalu, menurut Rachmat pula, GSEA diikuti lebih dari 1.600 mahasiswa-mahasiswi dari 30 negara dengan beragam jenis bisnis. Mulai dari kios jus buah dan buah potong segar di sekolah-sekolah menengah dan kampus-kampus, program edukasi konservasi energi, pusat kebugaran 24 jam, sepatu yang berfungsi sebagai charger ponsel, hingga hostel murah berkualitas untuk para remaja.
Pendaftaran kegiatan ini sendiri tidak dipungut biaya, serta telah dibuka sejak Mei lalu hingga paling lambat 1 September 2013. Setelah melalui proses seleksi, sebanyak 10 finalis akan terpilih mengikuti grand final tingkat nasional pada tanggal 27-28 September 2013, untuk mempresentasikan usaha mereka di hadapan dewan juri yang terdiri dari para pengusaha terkemuka Indonesia yang tergabung dalam Entrepreneurs' Organization Indonesia. Tak hanya menjalani sesi penjurian, seluruh finalis mendapatkan kesempatan peer-to-peer mentoring dengan para anggota dewan juri.
      Selainjutnya, dewan juri akan memilih 5 orang pemenang tingkat nasional yang berhak mengikuti kompetisi tingkat regional, yang bakal berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Oktober 2013. Dalam kompetisi tingkat regional itu, akan dipilih satu wakil dari Indonesia yang melaju ke Global Final GSEA 2013 bulan November di Washington DC, AS, untuk berkompetisi dengan para pemenang dari 30 negara/regional, demi memenangkan hadiah senilai total US$100.000. (bn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar