Minggu, 13 Oktober 2013

analisa produk dan jasa


Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada konsumen sebagai solusi untuk memberikan kepuasaan pada konsumen.
kata kunci dari definisi produk diatas adalah : segala sesuatu ,, konsumen sebagai solusi.

Produk terbagi atas 2 ( dua ) yaitu :
- barang yaitu suatu produk yang dapat diraba , dilihat , ada fisiknya contohnya seperti : 
1. orang
2. tempat
3. ide
4. event
5. pengalaman

sedangkan jasa adalah suatu produk yang tidak dapat dilihat , diraba , dan tidak ada fisiknya secara langsung. contohnya seperti : 
1. salon
2. bengkel
3. dokter

pesaing 
pesainga adalah perusahaan / orang yang memproduksi produk yang sama dan target pasar yang sama dengan kita.
untuk menghadapi pesaing yang harus diperhatikan adalah :
- kualitas
- costrelative
- delievery time
- service
- diferensial ( perbedaan pesaing )
diferensial ini dapat berupa produk atau jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar