Kamis, 24 Oktober 2013

Ayooo Ikuti UMKM EXPO 2013 yang Digelar Di Monas Jakarta

Untuk memberikan wadah memasarkan produk hasil pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar UMKM Expo di Monas, Kamis (18/7). Acara ini juga dilakukan untuk memperingati Pekan Raya Koperasi 2013.
Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta Ratnaningsih mengatakan pelaksanaan UMKM Expo dimulai pada 18 - 20 Juli 2013 di Lapangan Parkir IRTI Monas. UMKM Expo diadakan untuk memperkenalkan produk unggulan UMKM dan Koperasi dari berbagai jenis produksi, jasa dan perdagangan kepada masyarakat.
"Juga untuk memberikan sarana dan prasarana promosi produk UMKM dan Koperasi, mendorong minat masyarakat terhadap produk - produk UMKM dan Koperasi dalam upaya pemberdayaan UMKM dan Koperasi serta memperluas jaringan usaha UMKM dan Koperasi," kata Ratna di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (17/7).
Diharapkannya dengan ada UMKM Expo, akan tersebar informasi dan promosi mengenai produk unggulan dari berbagai jenis produksi, jasa dan perdagangan UMKM dan Koperasi dan tumbuhnya minat masyarakat terhadap produk UMKM dan Koperasi sehingga dapat mendukung program pemberdayaan UMKM dan Koperasi.
Lalu dapat meningkatkan omset penjualan produk produk unggulan UMKM dan Koperasi serta terciptanya jaringan kerjasama (incorporated) antar UMKM dan Koperasi atau Badan Usaha lain.
Dalam UMKM Expo, lanjutnya, akan ada 200 stand, diantarannya ada sebanyak 100 stand merupakan koperasi yang masih aktif dan sukses di seluruh wilayah DKI Jakarta. Para peserta akan menjual sembako dan makanan olahan produk rumah tangga dan fashion dan accessories.
"Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini juga akan disediakan 1.500 paket sembako dan produk UMKM per hari. Ini didukung BUMD- BUMD DKI dan retailer besar, seperti Carrefour, Hypermart, Alfamart dan Giant," ujarnya.
Untuk memeriahkan UMKM Expo, Ratna mengungkapkan akan dilakukan berbagai macam lomba yang melibatkan masyarakat. Diantaranya lomba mewarnai untuk anak TK sebanyak 50 orang, lomba menggambar untuk anak SD sebanyak 50 orang dan lomba stand terbaik.
"Kami juga akan memberikan penghargaan kepada para pelaku UMKM dan koperasi yang berprestasi dalam membantu peningkatan kesejahteraan warga lingkungannya," tuturnya.
Adapun, penyerahan UMKM Award 2013 diberikan kepada tujuh UMKM. Lalau pemberian penghagaan Bakti Koperasi kepada Ketua Umum Koeprasi Pegawai DKI Jakarta H. Hasanuddin dan Ketua Koperasi Serba Usaha Makmur DKI Jakarta Hj. Sumangiah.
Serta pemberian penghargaan Koperasi berprestasi Tahun 2013 kepada Kopkar RSUD Pasar Rebo, Koppeg Kementerian Agama, Koperasi Patra, dan Koperasi Guru dan karyawan At-taawun. (bn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar