Rabu, 11 Desember 2013

BCA Finance Berikan Beasiswa kepada 60 Mahasiswa Berprestasi










Metrotvnews.com, Jakarta: PT BCA Finance kembali memberikan 'Beasiswa BCA Finance'  kepada 60 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia tahun ini dalam bentuk bantuan biaya kuliah dan uang saku.

Program ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki kendala finansial dan sedang menempuh pendidikan program Sarjana Strata 1 (S1) serta memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) > 3.

Program 'Beasiswa BCA Finance' yang merupakan tahun kelima ini ditandai penyerahan beasiswa secara simbolis oleh Amirdin Halim, Direktur PT BCA Finance kepada Martin Rambe mahasiswa dari perguruan tinggi Universitas Sumatera Utara jurusan Ilmu Administrasi Negara, Rabu (17/12) di Jakarta. 

"Kami bersyukur bahwa sejak program ini dilaksanakan pada 2009 lalu, sebanyak 208 mahasiswa berprestasi terbantu secara finansial untuk dapat menyelesaikan pendidikan S1-nya," ungkap Amirdin Halim.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa program Beasiswa BCA Finance ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial BCA Finance dalam turut berperan aktif melahirkan generasi muda Indonesia berprestasi yang mampu bersaing global. 

Menurut data Biro Pusat Statistik (BPS) 2012, jumlah mahasiswa Indonesia saat ini baru mencapai 4,8 juta orang. Bila dihitung terhadap populasi penduduk berusia 19-24 tahun, maka angka partisipasi kasarnya baru mencapai 18,4%.

Dari jumlah 4,8 juta ini, sekitar 6,5%-nya merupakan mahasiswa kurang mampu dan terancam putus sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencoba mengatasinya melalui beasiswa Bidik Misi yang hingga tahun akademik 2012/2013 mencapai 88.142 mahasiswa. Artinya masih banyak mahasiswa di Indonesia yang berpotensi untuk putus kuliah.

Melalui program beasiswanya BCA Finance berharap dapat memperkecil jumlah mahasiswa yang tidak dapat melanjutkan pendidikan karena biaya dan mendorong lebih banyak lagi anak-anak Indonesia yang berprestasi untuk meneruskan pendidikannya hingga jenjang S1.

Untuk itu BCA Finance meningkatkan jumlah penerima beasiswa yang disambut positif yang ditandai meningkatnya permohonan beasiswa hingga lebih dari 45 ribu aplikasi. Sekitar 75,1% dari aplikasi itu berasal dari perguruan tinggi negeri dan sisanya dari swasta.

Tahun lalu jumlah penerima beasiswa BCA Finance sebanyak 50 mahasiswa dan tahun ini diingkatkan menjadi 60 penerima beasiswa. Mulai 2012, proses pengajuan aplikasi pendaftaran dapat diakses melalui sistem on-line pada website BCA Finance.

"Hal ini kami lakukan karena kami ingin membuka akses yang lebih besar bagi mahasiswa berprestasi untuk bisa mendapatkan beasiswa BCA Finance,” ungkap Amirdin Halim.

60 mahasiswa yang telah terpilih akan mendapatkan bantuan uang saku Rp3 juta per semester. Bantuan biaya tersebut diberikan oleh BCA Finance hingga selesai masa kuliah atau maksimal hingga semester VIII.

Bagi para penerima beasiswa yang telah menyelesaikan kuliahnya dengan baik, akan mendapatkan prioritas dari BCA Finance untuk mengikuti seleksi program penerimaan karyawan, jika bidang studinya sesuai kebutuhan BCA Finance.

Dukungan BCA Finance Peduli dalam bidang pendidikan juga diwujudkan dalam program BCA Finance Berbagi dengan membagikan 150 unit komputer kepada 20 yayasan sosial dan lembaga pendidikan di Jabotabek, Serang dan Sukabumi pada 2010 lalu.

Program ini bertujuan meningkatkan kelangsungan pendidikan dan keterampilan komputer bagi anak didik di yayasan-yayasan tersebut. Selain di bidang pendidikan, BCA Finance Peduli juga aktif di berbagai kegiatan sosial melalui bantuan kepada korban bencana alam.  (RO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar